Arsitektur Komputer Von Neumann
Langsung saja, Arsitektur Komputer
Von Neumann merupakan arsitektur yang diciptakan oleh Jhon Von Neumann(1903 –
1957). Nama Von Neumann sendiri diambil dari namanya karena dialah yang
pertama kali mempublikasikan konsep tersebut (seandainya saya yang duluan
pasti namanya akan diambil dari nama saya tentunya), arsitektur
komputer ini banyak digunakan di sebagian besar sistem komputer non paralel
seperti komputer rumahan atau notebook. Kedepanya model Von Neumann akan
digantikan dengan sistem yang mampu mengkoordinasikan banyak CPU untuk bekerja
secara serempak seperti komputer yang digunakan oleh NASA.
Superkomputer milik NASA
menghubungkan 20 komputer canggih sgi altix, yang masing-masing memiliki 512
prosesor, dilengkapi dengan 500 terabyte media penyimpan (storage)
lokal. Sejumlah 10.240 prosesor intel itanium 2 akan mentenagai
superkomputer space exploration simulator ini untuk melakukan berbagai
penelitian (kalau cuma untuk ngenet sia-sia nih komputer). Okay,
back to point. Meski konsep ini dikemukakan oleh Jhon Von Neumann kemudian
dikembangkan oleh J. Prespert Eckert(1919 – 1995) dan Jhon William
Mauchly(1907 – 1980) dalam pengembangan komputer ENIAC, nama von
Neumann lah yang lebih dikenal sebagai penemu arsitektur komputer tersebut.
Arsitektur Von Neumann menggambarkan
komputer dengan empat bagian utama yaitu Unit Aritmatika dan Logis (ALU)
yang merupakan bagian dari unit kontrol (cpu), media penyimpanan (memory), dan
alat masukan (input) dan hasil/keluaran (output).secara kolektif dinamakan I/O.
Dibawah ini adalah gambar arsitektur Von Neumann.
Dalam
gambar menunjukan begitu sederhananya arsitektur tersebut, berikut penjelasan
dari empat komponen tersebut.
1.
Masukan (input)
Perangkat ini memiliki
fungsi sebagai media untuk memasukkan data ke dalam processor untuk diolah
guna menghasilkan informasi yang diperlukan. Input devices atau perangkat
masukan yang umumnya digunakan personal computer (PC) adalah keyboard dan
mouse, keyboard dan mouse adalah unit yang menghubungkan user (pengguna) dengan
komputer. Selain itu terdapat joystick, yang biasa digunakan untuk bermain
games atau permainan dengan komputer. Kemudian scanner, untuk memindai gambar
agar dapat di olah secara digital. Touch panel, dengan menggunakan sentuhan
jari user dapat melakukan suatu proses akses file sebagai pengganti mouse.
Microphone, untuk merekam suara ke dalam komputer dan masih banyak lagi.
2.
Pemroses (cpu)
CPU atau Central Processing Unit merupakan tempat pemroses dari
intruksi-intruksi program, bentuknya berupa chip yang terdiri dari jutaan
IC. CPU terdiri dari dua bagian utama yaitu Unit Kendali (control
unit) serta Unit Aritmatika dan Logika (ALU). Disamping
itu, CPU mempunyai beberapa alat penyimpan yang berukuran kecil yang
disebut dengan register.
- Unit
Kendali (control unit)
Unit ini bertugas mengatur dan
mengendalikan semua peralatan yang ada pada sistem komputer. Unit kendali akan
mengatur kapan alat input menerima data dan kapan data diolah serta
kapan ditampilkan pada alat output. Tugas dari unit kendali ini
adalah :
ü Mengatur dan
mengendalikan alat-alat input dan output.
ü Mengambil
instruksi-instruksi dari memori utama.
ü Mengambil data
dari memori utama (jika diperlukan) untuk diproses.
ü Mengirim instruksi
ke ALU bila ada perhitungan aritmatika serta mengawasi kerja dari ALU.
- Menyimpan
hasil proses ke memori utama.
- Unit
Aritmatika dan Logika (ALU)
Tugas utama dari ALU adalah
melakukan semua perhitungan aritmatika (matematika) yang terjadi sesuai dengan
instruksi program. ALU melakukan operasi aritmatika dengan dasar penjumlahan
sehingga sirkuit elektronik yang digunakan disebut adder. Tugas lain dari ALU
adalah melakukan keputusan dari suatu operasi logika sesuai dengan instruksi
program. Operasi logika meliputi perbandingan dua operand dengan menggunakan
operator logika tertentu, yaitu sama dengan (=), tidak sama dengan (<> ),
kurang dari (<), kurang atau sama dengan (<= ), lebih besar dari (>),
dan lebih besar atau sama dengan (>=).
3.
Penyimpanan (memory)
Memory mrupan media penyimpanan data pada Komputer, jenis
memory dibagi menjadi dua yaitu.
- RAM (Random Access Memory) RAM adalah memory utama bagi
Komputer yang memegang arahan data yang akan diproses oleh Processor, Ram
sendiri bersifat volatile. Artinya data yang disimpan didalamnya akan hilang
ketika tidak di aliri arus listrik. Jenis RAM sangat bervariasi, diantaranya :
- DRAM (Dynamic RAM) adalah jenis RAM yang
secara berkala harus disegarkan oleh CPU agar data yang terkandung didalamnya
tidak hilang.
- SDRAM (Synchronous Dynamic RAM) adalah jenis RAM yang
paling umum digunakan pada PC masa sekarang. RAM ini disinkronisasi oleh clock
sistem dan memiliki kecepatan lebih tanggi dari pada DRAM.
- SRAM (Statik RAM) adalah jenis memory yang tidak perlu
penyegaran oleh CPU agar data yang terdapat didalamnya tetap tersimpan dengan
baik. RAM jenis ini memiliki kecepatan lebih tinggi dari pada DRAM.
- RDRAM (Rambus Dynamic RAM)adalah jenis memory yang lebih
cepat dan lebih mahal dari pada SDRAM.
- EDORAM (Extended Data Out RAM) adalah jenis memory yang
digunakan pada sistem yang menggunakan Pentium.
- DDR (Double Data Rate) tipe RAM yang menggunakan
teknologi double clock cycle. DDR sekarang sudah semakin berkembang dengan
munculnya DDR2 dan DDR3 yang memiliki kecepatan yang sangat tinggi.
Kedepannya mungkin jenis-jenis RAM akan terus berkembang,
karena semakin berkembang pulasistem komputer yang ada saat ini. Sehingga untuk
menunjang kebutuhan komputasi yang tinggi dibutuhkan performa komputer yang maksimal.
- ROM (Read Only Memory)
ROM ini sifatnya permanen, artinya program / data yang
disimpan didalam ROM ini tidak mudah hilang atau berubah walau aliran listrik
di matikan. Proses menyimpan data pada ROM tidak dapat dilakukan dengan mudah,
namun membaca data dari ROM dapat dilakukan dengan mudah. Sampai saat ini ada
berbagai jenis ROM yang pernah beredar dan terpasang pada komputer, antara lain
PROM, EPROM, EAROM, EEPROM, dan Flash Memory. Berikut ini uraian singkat dari
masing-masing jenis ROM tersebut.
a. PROM (Programmable Read Only Memory)
b. EPROM (Erasable Programmable Read Only Memory)
c. EEPROM (Electrically Erasable Programmable Read Only Memory)
d. Flash Memory
4.
Keluaran (output)
Perangkat output adalah perangkat komputer yang digunakan untuk
menampilkan atau menyampaikan informasi kepada penggunanya. Informasi yang
ditampilkan oleh komputer merupakan hasil dari pemrosesan yang telah dilakukan
oleh komputer. Informasi yang diteruskan oleh komputer melalui perangkat output
dapat berupa tampilan di layar hasil cetakan, suara, dan sebagainya. Perangkat
output sangat banyak sekali jenisnya diantaranya.
Ø Monitor
Monitor merupakan salah satu perangkat keras (Hardware) yang
digunakan sebagai penampilan output video dari pada sebuah komputer, dan
kegunaannya tersebut tidak dapat dipisahkan dalam pemakaian suatu komputer,
sehingga dikarenakan monitor itu sebagai penampilan gambar maka tentunya
komputer sangat sulit digunakan dan bahkan sama sekali tidak dapat digunakan
tanpa menggunakan komputer (coba aja bayangin facebookan
tanpa monitor. hehe..).
Ø Printer
Printer adalah perangkat Output yang
digunakan untuk menghasilkan cetakan dari komputer ke dalam bentuk kertas.
Printer dihubungkan dengan komputer melalui USB, selain itu printer juga harus
dihubungkan dengan arus listrik namun saat ini ada jenis printer portabel yang
menggunakan baterai. Saat pertama kali disambungkan ke komputer, kita harus
menginstall software driver printer agar printer itu dapat dikenali oleh
komputer. Ketajaman hasil cetakan printer diukur dengan satuan dpi atau dot per
inch yaitu banyakknya titik dalam satu inci. Semakin tinggi dpi sebuah printer,
maka semakin tajam hasil cetakannya.
Ø Speaker
Speaker adalah perangkat keras untuk menghsailkan suara.
Jenis lain dari speaker adalah headset atau earphone. Kita dapat mendengarkan
hasil keluaran berupa suara dari komputer melalui speaker.
Ø Infocus/Proyektor
Infocus juga merupakan alat ouput, biasanya digunakan untuk
presentasi, yang dihubungkan kekomputer untuk menampilkan apa yang ada pada
monitor ke suatu screen (layar) ataupun dinding.
Ø Plotter
Plotter merupakan jenis printer yang
dirancang secara khusus guna menghasilkan output komputer yang berupa gambar
ataupun grafik. Dengan menghubungkan plotter pada sistem komputer, maka
pelbagai bentuk gambar akan dapat disajikan secara prima. Landscape-arsitektur
banyak menggunakan plotter guna menghasilkan gambar landscape, potongan pohon,
ataupun untuk membantu memvisualisasikan efek dari segala kegiatan yang
ada (kalau inget plotter jadi pengen ketawa sendiri, karna punya
pengalaman lucu sama nih hardware)
NAMA: AHMAD ABDUL HAFIZ
NIM : 135410286
Prodi : Teknik Informatika (TI-6)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar